Drs.Yoseph Umarhadi M.Si.M.A: Budaya Kearifan Lokal Sebagai Sarana Pendidikan Dan Pemersatu Bangsa.

Radio Maritim online, Kota Cirebon – Mengingat persoalan budaya dan tradisi yang memerlukan perhatian dari berbagai pihak, guna untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa, seni budaya wayang, karawitan, rawanggana dan seni tari adalah sebagai alat sarana pendidikan dan pemersatu bangsa dan kita tahu Wayang adalah sebuah Budaya yang sudah ada sejak Ratusan Tahun yang lalu.

Demikin disampaikan Anggota DPR RI Komisi 5 Drs. Yoseph Umarhadi. M. Si. M. A yang juga selaku Pembina Pepadi (Persatuan Pendalangan Indonesia) Kabupaten Cirebon saat menghadiri Pelantikan Pepadi Kabupaten dan Kota Cirebon di Bangsal Prabayaksa Keraton Kacirebonan, Sabtu (23/2/19) malam. “Saya merasa terpanggil ketika saya diminta untuk menjadi Pembina Pepadi, saya dengan cepat dan senang hati menerima karena Cirebon ini memiliki Budaya yang sangat beragam” ujarnya.

Saat ini Pemerintah telah menetapkan Hari Wayang Nasional pada setiap bulan November lanjut Yoseph, ini menunjukan bahwa Negara Indonesia sangat menghormati dan menghargai kesenian Wayang. “Wayang adalah sarana yang sangat ampuh bagi pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara” tandasnya.

Yoseph juga berpesan, diera digital saat ini pengembangan dan pelestarian adalah salah satu cara untuk menangkal masifnya budaya asing yang terus merambah dinegara ini, karena ini adalah suatu tantangan yang cukup besar bagi para pelaku seni agar terus melestarikan Budaya dan mengembangkan kepada para generasi muda Indonesia.

“Pada saat mereka latihan menari ataupun latihan gamelan secara otomatis mereka akan menanggalkan handphone mereka kan, nah menurut saya itu adalah cara untuk menangkal dan membatasi generasi muda kita dari dari dunia digital saat ini” tegasnya.

Tidak lupa pula, Yoseph Umarhadi mengucapkan terimakasih kepada Sultan Kacirebonan, Pangeran Abdul Ghani Natadiningrat. SE karena telah mengundang dirinya untuk hadir dalam acara tersebut, dan tentunya juga mengucapkan selamat kepada Pengurus Pepadi yang telah dilantik pungkasnya. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/yoseph-umarhadi-m-si-m-a-budaya-kearifan-lokal-sebagai-sarana-pendidikan-dan-pemersatu-bangsa/