TNI AL Siap Menjaga Netralitas Demi Suksesnya Pemilu 2019

Radio Maritim Online,Cirebon – Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Cirebon hari ini merayakan ulang tahunnya ke-73 di Makopomal Cirebon Jalan Raya Gunung Jati, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Rabu (27/2/2019).

Ulang tahun ke-73 tersebut, Pomal mengambil tema Dengan Semangat Wijna Wira Widyaka Polisi Militer Angkatan Laut Siap Menjaga Netralitas, Soliditas dan Sinergitas TNI-POLRI guna Mensukseskan Pemilu 2019.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon, Letkol Maritim Yustinus Rudiman, mengungkapkan dalam tema tersebut TNI Militer Angkatan Laut menyatakan netral terhadap Pemilu 2019.

“Tema tersebut bermakna ungkapan sebagai Polisi Militer Angkatan Laut siap mengamankan dan mensukseskan agenda nasional dan bertekad menjaga netralitas dan  angkatan laut dalam pemilu tahun 2019,” ungkap Danlanal Letkol Maritim Yustinus Rudiman, saat memberikan keterangan.

Yustinus juga mengungkapkan, netralitas TNI Angkatan Laut terutama dalam agenda nasional telah tertuang dalam buku saku netralitas TNI dan Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI dan Kebijakan Panglima.

“Pada agenda nasional ini prajurit TNI angkatan laut harus tetap menjamin netralitas TNI sesuai amanah dalam Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan kebijakan Panglima yang tertuang dalam buku saku netralitas TNI,” jelas Yustinus.

Selanjutnya, Yustinus juga menjelaskan, bagi PNS maupun keluarga TNI yang memiliki hak pilih diharapkan memilih sesuai keinginan masing-masing, dan pihaknya tidak memberi intervensi.

“Sedangkan PNS dan keluarga TNI Angkatan Laut hendaknya menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 sesuai keinginan masing-masing. TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri dalam setiap kegiatan politik praktis,” ungkap Yustinus. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/tni-al-siap-menjaga-netralitas-demi-suksesnya-pemilu-2019/