Sambut Hari Santri Nasional 2019 SMP Negeri 1 Kota Cirebon Gelar Lomba Keagamaan

Radio Maritim,Cirebon-Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kota Cirebon menggelar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober 2019 sekarang. Dalam peringatan tersebut, dilakukan berbagai rangkaian acara di sekolah yang beralamat di Jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Menurut ketua panitia HSN SMPN 1 Kota Cirebon, Ade Cahyaningsih, peringatan Hari Santri Nasional ini merupakan instruksi dari Pemerintah Kota Cirebon, agar semua instansi di Kota Cirebon untuk merayakannya dengan berbagai acara. Untuk di SMPN 1 sendiri, terdapat beberapa rangkaian acara.

Ade menjelaskan, rangkaian kegiatannya seperti Tadarus Al-Quran, Salawat bersama, dan pembukaan peringatan HSN. Kemudian ada juga jalan santai sehat santri. Setelah itu, masuk ke masjid melanjutkan acara, yakni lomba tausiyah. Lalu dilanjutkan KBM seperti biasa.

“Peringatan Hari Santri Nasional ini sudah rutin kami lkuakn tiap tahunnya,” jelasnya, Selasa (22/0/2019).

Dalam peringatan HSN ini, lanjutnya, semuanya wajib menggunakan busana muslim, baik itu guru, staf sekolah maupun murid. Untuk yang lelaki mengenakan sarung, baju Koko, dan kopiah. Sedangkan yang perempuan mengenakan busana muslim seperti hijab.

“Hari ini mereka bebas tidak pakai seragam,” tuturnya.

Sedangkan menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Cirebon, Lilik Agus Darmawan S.pd, peringatan HSN tahun ini mengangkat tema ‘Santri Nusa untuk Perdamaian Dunia’. Dengan tema ini, pihaknya mengajak anak-anak untuk menjadi pribadi yang santun, sopan, dan penuh kasih sayang. Sehingga perdamaian akan terjalin.

“Dengan hari santri, anak-anak semakin bersemangat menuntut ilmu keagamaan. Dan juga mengaplikasikan ilmu-ilmu di kemajuan teknologi,” pungkasnya. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/sambut-hari-santri-nasional-smp-negeri-1-kota-cirebon-gelar-lomba-keagamaan/