Ratusan Personel Polres Cirebon Kota Diterjunkan Untuk Mengamankan Pemilu 2019

Radio Maritim Online  – Apel Pegeseran Pasukan (Serpas) yang dilaksankan oleh Polres Cirebon Kota untuk Pengamanan TPS Pemilu 2019 Kota Cirebon dijalan Siliwangi depan Balaikota, Senin (15/4/2019).

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengatakan, ratusan personel Polres Cirebon Kota diterjunkan untuk mengamankan Pemilu 2019 di Kota Cirebon yang akan disiagakan di TPS-TPS se-Kota Cirebon.

“Penempatan personel akan disesuaikan berdasarkan tingkat kerawanan masing-masing TPS dan kami siagakan satu personel disetiap TPS,” kata Kapolres. Kapolres menjelaskan, untuk TPS yang dianggap rawan pengamanannya dua kali lipat, yakni dua personel di TPS tersebut dan nantinya para personel itu akan bergabung bersama unsur lainnya dari TNI dan Linmas.

Mereka akan ditempatkan di setiap TPS dan pos pengamanan terpadu, penambahan jumlah personel ini untuk mengantisipasi masa-masa kerawanan dan titik yang terindikasi berpotensi terjadinya gangguan keamanan. Ditambahkan Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy , pihaknya menurunkan sebanyak 719 personel, BKO dari Polda Jabar sebanyak 212 personel, dan 4.112 personel lebih dari Linmas.

“Pemilu kali ini berbeda, dilakukan serentak dan memilih sebanyak lima calon. Oleh karena itu, dibutuhkan pengamanan yag ekstra,” katanya. Selain pengamanan di TPS ia menekankan, selama masa tenang seluruh personel harus memantau adanya kampanye-kampanye terselubung yakni mulai dari black campaign hingga money politic. Pihaknya juga telah menginventarisasi mengenai TPS-TPS yang dianggap rawan.

“Di Lapas dan Rutan merupakan TPS yang dianggap rawan, berdasarkan pengalaman pernah terjadi perkelahian,” ujarnya. Selain itu, TPS yang dianggap rawan ialah TPS yang pada Pilwalkot Cirebon 2018 dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) dan sedikitnya ada 24 TPS se-Kota Cirebon yang melaksanakan PSU.

Kapolres menambahkan kerawanan yang diantisipasi jajarannya bukan hanya dalam hal gangguan kamtibmas. “Kerawanan teknis seperti alur pengiriman logistik dan penyiapan dokumen yang harus disimpan di dalam serta di luar kotak suara juga kami antisipasi,” ungkapnya. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/ratusan-personel-polres-cirebon-kota-diterjunkan-untuk-mengamankan-pemilu-2019/