Atlet Disabilitas Mampu Menempuh Jarak 3000 Meter Renang Dilautan Lepas.

Rahmat Atlet Disabilitas (35)

Radio Maritim,Cirebon-Ada yang menjadi pusat perhatian di Navy Open Tournament 2019, Perenang asal Kota Cimahi, Jawa Barat Rahmat Hidayatullah atlet renang dilaut yang mempunyai keterbatasan fisik hadir sebagai peserta di Tournament yang digelar Pangkalan TNI AL Cirebon dengan Pemkot Cirebon di Darmaga Patkamla Lanal Cirebon, Pelabuhan Cirebon, Sabtu (14/9/2019).

Kegiatan ini dalam rangka HUT TNI AL ke 74 dan Hari Jadi Kota Cirebon ke 650,Rahmat pria yang mengalami keterbatasan fisik atau disabilitas ini berhasil menyelesaikan renang laut dengan jarak tempuh 3.000 meter atau 3 Km dalam waktu hanya 1 jam 9 menit.

Tak pelak, aksi pemuda lajang berusia 35 tahun itu pun membuat kagum yang hadir di sekitar lokasi kegiatan. “Keterbatasan tidak masalah buat kita, terpenting jika kita mau, kita pasti mampu. Yang penting punya niat dan tekad yang bulat,” kata Rahmat.

Anak dari pasangan suami istri Siti Masitoh dan Ayum ini menjelaskan keterbatasan yang dimilikinya sempat membuatnya minder. Namun, setelah ia masuk pesantren, mentalnya jadi kuat. “Saya menempa mental di pesantren, agar tak minder,” katanya.

Setelah mental kuat, ia pun berupaya untuk mendulang prestasi. Mulai dari atlet kursi roda hingga meraih juara, kemudian beralih ke atlet renang. Setelah berlatih enam bulan lebih, akhirnya guru ngaji di daerahnya ini berhasil menjadi perenang handal.

Pelatih Rahmat Hidayatullah, Oman Hermawan menjelaskan Rahmat bisa berenang akhir 2016. Enam bulan kemudian bisa handal berenang di laut. Bisa handal berenang karena mendapatkan pembinaan dari Pangkalan TNI AL Cirebon.

Setelah handal, lanjutnya berpartisipasi di berbagai lomba, baik tingkat nasional hingga dunia. Untuk tingkat dunia di Bali dengan jarak tempuh 5 km. Karena ombak tinggi, atlet luar negeri mundur. “Rahmat, satu-satunya yang tetap ikut dengan waktu 4,5 jam,” tegasnya.

Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan Rahmat bisa menjadi inspirasi dan motivasi. “Agar selalu semangat dalam menjalani hidup, jangan pernah menyerah. Bisa berpestasi meski pun dalam kondisi keterbatasan,” ucapnya. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/rahmat-atlet-disabilitas-mampu-menempuh-jarak-3000-meter-renang-dilaut-dengan-waktu-1-jam-9-menit/