Perangkat Daerah Harus Cepat Tanggap Demi Pertahankan WTP

Radio Maritim Online,Kota.Cirebon – Upaya pertahankan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon meminta kepada setiap perangkat daerah dan jajarannya untuk cepat tanggap. Terutama dalam menyelesaikan hasil temuan dari tim pemeriksa.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Asep Dedi, M.Si, saat acara Apresiasi dan Sinergitas atas Penyusunan LKPD Kota Cirebon Tahun Anggaran 2018, Senin, 22 April 2019.

“Saat ini kita masih dalam proses pemeriksaan dari BPK RI,” ungkap Asep.

Karenanya Asep meminta kepada perangkat daerah beserta jajarannya untuk saling bersinergi, meningkatkan kinerja serta menjalin komunikasi dan koordinasi.

“Khususnya dalam menyelesaikan hasil temuan dari tim pemeriksa,” ungkap Asep.

Sinergitas dan cepat tanggap diperlukan agar Kota Cirebon bisa mempertahankan WTP untuk ketiga kalinya tahun ini.

Pada kesempatan yang sama, Asep juga mengucapkan selamat kepada kepala perangkat daerah dan pencatat akuntasi yang telah meraih predikat lima besar. masing-masing Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Dinas Perhubungan, Kecamatan Harjamukti, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) serta Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Semoga bisa lebih memotivasi perangkat daerah dan pencatat akuntasi lainnya dalam menyusun laporan keuangan,” ungkap Asep.

Perangkat daerah lainnya diharapkan juga bisa menghasilkan laporan keuangan yang baik, benar, bertanggungjawab, transparan dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Karena, lanjut Asep, penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) adalah kewajiban dan tanggung jawab semua perangkat daerah. Ini sesuai dengan pasal 240 dan pasal 294 Permendagri No 13 tahun 2006 tentang Pedoman pengelolaan Keuangan Daerah. LKPD ini merupakan cerminan dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam pelaksanaan pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/perangkat-daerah-harus-cepat-tanggap-demi-pertahankan-wtp/