Pemkot Cirebon Terapkan TPS Mobile Untuk Tangani Sampah

Radio Maritim Online,Cirebon-Pemerintah Daerah Kota Cirebon melakukan berbagai terobosan dalam menghadapi persoalan sampah agar tercipta Cirebon bersih, sehat dan hijau.

Salah satu terobosan penggunaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) mobile di sejumlah kelurahan salah satunya Kelurahann Pegambiran Kecamatan Lemahwungkuk.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota, Dra Hj. Eti Herawati usai mengikuti Sosialisasi tentang Pengolahan sampah di 17 RW Kelurahan Pegambiran di Hotel Prima, Senin (15/7) malam.

Eti mengatakan berbagai terobosan sedang dilakukan untuk menghadapi persoalan sampah di Kota Cirebon.

“Saat ini yang sudah berjalan TPS Mobile di Kelurahan Kesambi. Tentu TPS Mobil akan kami terapkan secara luas di wilayah Kota Cirebon bila efektif dan tepat penggunaannya termasuk Kelurahan Pegambiran,” ungkap Eti.

Eti menambahkan pihaknya masih mengkaji lebih jauh program TPS Mobile terutama terkait keberadaan alat angkut. Pemerintah Darah Kota Cirebon juga sedang mengkaji pendelegasian kewenangan pengelolaan sampah hingga ke tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

“Namun kami masih sedang mencari system terbaik yang dapat memecahkan persoalan sampah ini. Selama ini baru di Kelurahan Kesambi sudah berjalan TPS Mobile sehingga dapat menjadi wilayah percontohan,” ujar Eti.

Langkah terpenting, lanjut Eti adanya edukasi ke masyarakat terkait pengelolaan sampah yang baik. Persoalan sampah di Kota Cirebon dapat diatasi bila melibatkan semua pihak termasuk masyarakat dan pengusaha. Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah mengajak hampir seluruh perusahaan untuk meningkatkan peran menjaga lingkungan salah satunya pengelolaan sampah dan penghijauan.

“Kami sangat gembira beberapa perusahaan terlibat aktif antara lain PT. Comfeed dan PT Jaffa dalam mewujudkan Cirebon lingkungan yang bersih. Pemkot Cirebon sudah mengajak semua pihak termasuk masyarakat dan pengusaha untuk menciptakan Cirebon berih, sehat dan hijau,” kata Eti.

Sosialisasi diikuti oleh Wakil Wali Kota, Dra. Hj. Eti Herawati, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Kota Cirebon, Drs. Sumanto, Camat Lemahwungkuk, Maruf Nuryasa, AP, 17 RW di lingkungan Kelurahan Pegambiran serta perusahaan PT. Comfeed dan PT Jaffa. Kegiatan selain sosialisasi juga mencari terobosan menghadapi persoalan sampah di lingkungan Kelurahan Pegambiran. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/pemkot-cirebon-terapkan-tps-mobile-untuk-tangani-sampah/