Menko Luhut Bahas Kiat SDM Unggul di Indonesia di UPH Festival

Radio Maritim Online-Tangerang, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan menjadi Distinguished Guest Speaker di UPH (Universitas Pelita Harapan) Festival 2019 di Tangerang, Rabu (14-08-2019). Dalam paparannya, Menko Luhut membahas bagaimana ‘kiat’ menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul, khususnya bagi bangsa Indonesia.

“Untuk menciptakan SDM-SDM yang unggul bagi bangsa Indonesia, harus diperhatikan seperti dalam bidang-bidang studi teknologi, kesehatan, ekonomi. Perlu dicetak yang memiliki hati, jadi tidak hanya sekedar pintar tapi hatinya tidak ada, hati juga harus ada,” kata Menko Luhut.

Kepada UPH sendiri, Menko Luhut mengatakan bahwa UPH sudah terkenal dengan fakultas-fakultas yang baik dan bagus, sehingga sebetulnya tidak sulit untuk menciptakan SDM yang dimaksud tersebut.

“Saya pikir UPH ini kan sudah terkenal, ya belum tentu semua bisa leading, tetapi dalam beberapa bidang itu kalau didorong terus akan membantu SDM dan program pemerintah Presiden Jokowi itu,” jelasnya.

Menyinggung apa parameter yang digunakan supaya kita dapat bisa menyebut bahwa Indonesia itu sudah maju baik dari segi SDM maupun yang lainnya, Menko Luhut menjelaskan dimulai dari masuk dalam investment grade, yakni harus terus menaik.
“Kemudian mengenai GDP_ (Gross Domestic Product)_ kita, mengenai income perkapita, banyak parameternya,” pungkasnya.

Tumpahan Minyak di Karawang

Di lokasi yang sama, Menko Luhut menyinggung mengenai tumpahan minyak di Karawang beberapa waktu lalu. Menurutnya semua tengah ditangani dengan baik dan semaksimal mungkin oleh Pertamina.

“Saya kira ditangani dengan baik, dengan bagus ya sampai hari ini oleh Pertamina. Mereka sudah hire yang ahli dulu mengenai Teluk Mexico dan mereka sudah mulai mengebor dan menutup lubang, dan mungkin dalam waktu 2 sampai 3 minggu dapat dilihat hasilnya,” pungkas Menko Luhut. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/menko-luhut-bahas-kiat-sdm-unggul-di-indonesia-di-uph-festival/