JPU Tuntut Terdakwa Kasus Pencabulan Anak Dibawah Umur 15 Tahun Penjara Dan Denda 1 Milyar

Radio Maritim Online,Cirebon-Pengadilan Negeri (PN) Sumber Kabupaten Cirebon menggelar sidang ke 10 kasus pencabulan anak dibawah umur dengan agenda pembacaan tuntutan terdakwa oleh JPU ,persidangan dipimpin oleh hakim ketua Setia Sri Maryana SH MH.

Sidang berlangsung pada pukul 12.30 diruang Tirta Kamis 15/08 2019,terdakwa berinisial Sar (51) pegawai Pertamina telah didakwa mencabuli anak tirinya yang masih berusia 13 tahun.

Sidang dengan agenda tuntutan terdakwa oleh JPU Ida Fatmawati dilakukan secara tertutup .

Ditemui Usai sidang jaksa penuntut umum (JPU) Ida Fatmawati SH mengatakan,

“Sesuai dengan fakta persidangan semua saksi dan bukti yang telah dihadirkan disidang sebelumnya sudah cukup bukti untuk menuntut Sar (51) ini dengan hukuman pidana 15 tahun denda 1 milyar dengan subsider kurungan 6 bulan penjara, serta membayar uang restitusi sebesar 106,282 juta rupiah “

“Dalam kasus ini JPU akan berusaha maksimal agar Sar bisa dijerat dengan hukum seadil adilnya,kata Ida.

Menurut Ida, selain berdasarkan bukti visum dan keterangan saksi yang telah dihadirkan , Sudah jelas Dalam “Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak” menyebutkan di “Pasal 76D: Setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan memaksa Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain“.

Dari pasal 76D tersebut dijelaskan bahwa pelaku pencabulan adalah orang yang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan memaksa Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain. Sementara dalam “Pasal 76E: Setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, melakukan serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul”.ujarnya.

Humas PN Sumber Parman Parluhutan SH MH membenarkan , “bahwa hari ini sidang ke 10 terkait pencabulan anak dibawah umur dengan terdakwa Sar (51) dengan agenda pembacaan tuntutan oleh JPU” ,

Menjelaskan persidangan tadi ,kata Parman ,JPU telah menuntut hukuman kepada terdakwa Sar dengan 15 tahun penjara denda 1 milyar dan menuntut membayar restitusi sebesar 106.282 juta rupiah subsider 6 bulan penjara,jelasnya.

Parman juga menyampaikan bahwa sidang ditunda untuk minggu depan dengan agenda pledoy (pembelaan) dari pihak pengacara terdakwa, ungkapnya.(Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/jpu-tuntut-terdakwa-kasus-pencabulan-anak-dibawah-umur-15-tahun-penjara-dan-denda-1-milyar/