Hebat Kota Cirebon, Kini Ada Klinik Anak Mitra Melayani Anak Berkebutuhan Khusus

Radio Maritim Online,Cirebon-Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendukung layanan pendidikan dan kesehatan bagi anak sehingga seluruh peserta didik usia dini terpenuhi kebutuhannya. Dewasa ini banyak anak berkebutuhan khusus memerlukan perhatian baik dari orangtua, keluarga dan lingkungannya.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati usai meresmikan Klinik Anak Mitra dan simposium “special need children in life-spah perspective” di auditorium Klinik anak Mitra Karanggetas, Sabtu (27/7).

Eti menambahkan pembukaan klinik khusus anak tentu memenuhi kebutuhan anak yang semakin komplek.

“Jumlah anak berkebutuhan khusus saat ini sangat besar. Mereka itu sebenarnya jika diarahkan memiliki prestasi luar biasa dengan berbagai kemampuannya,” ungkap Eti.

Eti menambahkan keberadaan klinik ini juga mendukung program Pemerintah Daerah Kota Cirebon yang sedang meningkatkan layanan dan pemenuhan hak anak.

Kepentingan anak harus diperhatikan salah satunya dengan fasilitas pendidikan dan kesehatan.

“Kami juga mengajak semua keluarga anak berkebutuhan khusus dan lingkungan sekitar mau menerima serta berperan membangkitkan semangat agar mereka tetap terpenuhi hak-haknya. Tentu ini menjadi bagian dari pelaksanaan kota layak anak yang alhamdulillah baru kemarin dapat mempertahankan prestasi tersebut dengan kategori madya,” ujar Eti.

Ke depan, lanjut Eti, pihaknya berharap prestasi kota layak anak meningkat menjadi kategori Nindya. “Mari wujudkan kota layak anak, ramah anak dan layak lingkungan. Dimana kesadaran lingkungan untuk pemenuhan haknya untuk seluruh lapisan anak termasuk berkebutuhan khusus,” tandasnya.

Pemateri dalam seminar tersebut yang juga CEO NBP Center Bandung, dr Purboyo Solek,Sp.A (K) mengatakan saat ini memang dibutuhkan pemahaman bersama untuk menjaga anak agar mendapatkan hak-haknya. Diperlukan kerjasama dengan semua pihak terutama orangtua, keluarga, lingkungan sekitar dan Pemerintah Daerah.

“Pemerintah Daerah dan masyarakat harus menyediakan ruang bagi mereka anak berkebutuhan khusus untuk menampilkan kemampuannya. Ini sangat bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus sehingga telentanya dapat tersalurkan,” kata Puroboyi.

Tampak hadir pada acara tersebut CEO mitra plumbon health care group, Ir. Saraswati Gondotesna, Direktur Utam RS Gunung Jati, dr Ismail Jamalludin Sp OT dan sejumlah tamu lainnya. Pembuatan klinik anak Mitra ini meneruskan keinginan pendiri Mitra Plumbon dr Andre Susilo. Sp.BS. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/hebat-kota-cirebon-kini-ada-klinik-anak-mitra-melayani-anak-berkebutuhan-khusus/