Hakim Vonis Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur 8 Tahun Penjara Dan Denda 1 Milyar

Terdakwa Sar(51) Mengenakan Pakaian Batik tahanan Usai Persidangan Putusan Hakim.

Radio Maritim ,Cirebon-Pengadilan Negeri (PN) Sumber Kabupaten Cirebon menggelar sidang ke 13 kasus pencabulan anak dibawah umur dengan agenda pembacaan putusan terdakwa oleh hakim ketua Setia Sri Maryana SH MH.

Sidang berlangsung pada pukul 15.30 diruang sidang Cakra Kamis 05/09 2019,terdakwa berinisial Sar (51) pegawai Pertamina telah terbukti bersalah dan divonis 8 tahun penjara dan denda 1 milyar Subsider 6 bulan penjara,terdakwa secara hukum telah terbukti bersalah karena mencabuli anak tirinya dibawah umur yang masih berusia 13 tahun.

Sidang dengan agenda pembacaan putusan terdakwa oleh Ketua Majelis Hakim Setia Sri Maryana SH MH dilakukan secara terbuka .

Dalam sidang Ketua Majelis Hakim Setia Sri Maryana SH MH memutuskan

“Sesuai dengan fakta persidangan semua saksi dan bukti yang telah dihadirkan disidang sebelumnya sudah cukup bukti untuk menuntut Sar (51) ini dengan hukuman pidana 8 tahun penjara denda 1 milyar dengan subsider kurungan 6 bulan penjara, serta membayar uang restitusi sebesar 29 juta dan dipotong masa tahanan” tegas hakim.

Usai sidang JPU Ida Fatmawati SH menjelaskan, beratnya tuntutan yang diajukan kepada terdakwa, karena terdakwa tidak mengakui sendiri perbuatannya. Apalagi, terdakwa merupakan ayah tiri korban dan masuk sebagai keluarganya, sehingga dalam Undang-Undang Perlindungan Anak, ancamannya ditambah sepertiga.

“Tuntutan hakim lebih ringan dari yang dituntut JPU dari 15 tahun penjara menjadi 8 tahun penjara dan terdakwa dituntut membayar restitusi sebesar 106,282 juta rupiah sementara hakim memvonis 29 juta dengan alasan pertimbangan hukum karena terdakwa baru sekali melakukan perbuatannya ,dan yang memberatkan terdakwa dalam persidangan tidak pernah mau mengakui perbuatannya ujar Ida.

“Dalam kasus ini JPU telah menuntut dan berusaha maksimal agar Sar bisa dijerat dengan hukum seadil adilnya,kata Ida.

Sementara Ayah Korban S (37) walaupun kurang puas atas putusan hakim mengaku sedikit lega dengan divonisnya Sar (51) dengan 8 tahun penjara,paling tidak ada keadilan dalam kasus yang menimpa anaknya,semoga kedepan jangan sampai ada anak anak yang menjadi korban pencabulan seperti kasus yang menimpa anaknya tutupnya. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/hakim-vonis-pelaku-pencabulan-anak-dibawah-umur-8-tahun-penjara-dan-denda-1-milyar/