Ernedin ( Kabid Dafduk ) : Perlu Dibuat Regulasi Agar Daerah Bisa Mencetak Kepingan e – KTP sendiri

Radio Maritim Online, Cirebon – Krisis pencetakan e – KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten Cirebon sampai saat ini masih terkendala kesediaan blangko.masalah ini tentunya menjadi penghambat bagi warga kabupaten Cirebon yang ingin segera memiliki e – KTP . Kendala yang dihadapi warga kabupaten Cirebon bukan hanya kelangkaan blangko kepingan e – KTP saja,akan tetapi terkendala oleh sistem pendaftaran secara online.

Permasalahan ini tidak dipungkiri oleh Ernedin ( Kabid Dafduk ) yang akrab disapa Eren yang ditemui Radio maritim online di ruang kerjanya Kamis (08/11 2018),Eren mengatakan ,” permasalahan kelangkaan blangko e – KTP ini sebenarnya sudah lama sejak tahun 2017,saat ini tiap minggunya kabupaten Cirebon hanya di jatah oleh kementerian 4000 blangko kepingan e – KTP ,dan setiap harinya disdukcapil kabupaten cirebon hanya bisa melayani mencetak 250 pemohon yang melalui pendaftaran online katanya.

“Sebenarnya untuk menangani masalah kelangkaan blangko ini, kami berharap daerah diberikan kewenangan untuk mencetak kepingan e – KTP sendiri ,dan rapat kemarin di bandung kami sudah mengajukan agar diatur regulasinya agar pencetakan kepingan e – KTP bisa dilakukan didaerah masing masing, dan itu sangat mampu apabila daerah diberikan kewenangan untuk mencetaknya ujar Eren.

Eren menambahkan, kemarin hasil rapat diperubahan dengan kementerian , saat ini kementerian mencetak 5 juta keping e – KTP ,yang nanti dibagi 514 kota dan kabupaten seindonesia, dan variatif pembagiannya sesuai kebutuhan.

Untuk pencetakan wajib e – KTP yang berusia 18 tahun keatas,alhamdulillah Disdukcapil Kabupaten Cirebon sudah melebihi angka seratus persen ,dan saat ini ujar Eren , Kabupaten Cirebon masih ada 72 ribu yang masih berbentuk suket (Surat Keterangan) yang masih dalam garapan.sementara yang sudah perekaman dan tinggal cetak ada 102 ribu orang .

Eren berharap untuk lebih memaksimalkan pelayanan terhadap mesyarakat di Kabupaten Cirebon,perlu di buat UPT disetiap Kecamatan yang khusus untuk melayani pencetakan e – KTP ,sehingga masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan pelayanan pencetakan e – KTP pungkas Eren. (Lie)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/ernedin-kabid-dafduk-perlu-dibuat-regulasi-agar-daerah-bisa-mencetak-kepingan-e-ktp-sendiri/