Sultan Sepuh Pimpin Langsung Ritual Selamatan Pemindahan Benda Pusaka

Radio Maritim Online ,Cirebon – Acara selamatan Pusaka panjang Jimat yang dipimpin langsung Sultan Sepuh Pra Arief Natadiningrat SE berlangsung didalem arum Keraton Kasepuhan minggu (30/12 2018).
Pusaka panjang Jimat yang perkirakan berusia tujuh ratus tahun tersebut sebelumnya digunkaan acara panjang jimat dihari mauild Nabi kemarin, dan tersimpan di kamar pusaka kini dipindahkan kembali ke Gedung Museum pusaka agar bisa dinikmati dan dilhat oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menurut Sultan Sepuh Pra Arief Natadiningrat SE ,”Benda Pusaka atau pusaka panjang Jimat yang berusia ratusan tahun yang akan dipindahkan kembali kedalam gedung museum diantaranya ada tujuh piring Tapsih, empat puluh piring pengiring ,perangkat upacara seperti manggaran, nagan dan jantungan, serta dua guci dan dua botol kristal , benda ini dulu dipakai para wali bila ada acara pertemuan di Cirebon dengan sunan gunungnjati.

“Oleh karena itu acara pemindahan pusaka panjang jimat ini ada ritualnya,kita memohon keselamatan , keberkahan dan kita juga bertawasul kepada para leluhur kita”.

Selanjutnya kata Arief, benda pusaka yang usianya sudah ratusan tahun ini sangat bersejarah sekali ,yang dulu benda benda ini digunakan oleh wali songo ketika mengadakan pertemuan setiap malam jumat kliwon di Cirebon katanya.

Ditambahkan Arief ,”selain acara selamatan Memindahkan benda pusaka panjang jimat ke museum, acara ini sekaligus penyerahan anugerah putra mahkota Pra Luqman Z SH, karena saya akan berangkat Umroh terangnya, kemudian dilanjutkan penyerahan silsilah kepada para pemohon dan penyerahan SK kepada badan pengelola mesjid Agung Sang Cipta Rasa, kemudian ada penyerahan SK paguyuban para pengabdi, dan penyerahan bantuan dana 25 juta rupiah untuk Mesjid Agung Sang Cipta Rasa katanya.

Arief berharap melalui cagar budaya yang kita miliki generasi muda kita bisa mengambil dan mempelajari budaya sejarah melalui benda benda pusaka dan peninggalan budaya lainnya , bagaimana sejarah wali singo ketika menyebarkan syiar agama islam di tanah jawa tutupnya. ( Lie )

Tautan permanen menuju artikel ini: http://radiomaritim.com/benda-pusaka-panjang-jimat-berusia-ratusan-tahun-kembali-dimasukkan-kedalam-gedung-museum/